Thursday, September 22, 2016

DARAH ANDA MENYELAWATKAN NYAWA SESEORANG



DARAH ANDA MENYELAWATKAN NYAWA SESEORANGTaukah anda sekantong darah dapat menyelawatkan nyawa seseorang ? Donor darah adalah merupakan suatu kegiatan yang muliah dan tanpa pamri karena setetes darah anda dapat menyelawatkan nyawa seseorang. namun tidak sedikit orang juga yang ragu untuk mendonorkan darahnya. ibu hamil dan melahirkan termasuk salah satu kelompok yang dirugikan apabila kekurangan darah 


Sering kita mendengar ataupun mengalaminya bahwa untuk mendonorkan darah baik itu kerumah sakit atau pun lembaga yang terkait itu tidak dipungut biaya atau gratis, lalu mengapa jika kita membutuhkan darah itu terkena biaya atau tidak gratis ?  disni kita harus bijak menanggapinya, ternyata biaya yang kita keluarkan itu adalah biaya untuk operasional baik itu untuk para pekerja atau biaya untuk pembelian kantung darah dan peralatan lainnya.

Taukah anda bahwa tidak semua orang bisa mendonorkan darahnya. berikut ini adalah syarat-syarat yang harus diperhatikan;
1. Sehat
2. HemoGlobin (HB) bagi wanita 2,5 gram % dn laki-laki 12,5 gram %
3. Berat badan Minimal 45 Kilogram dan berumur 17 Tahun

Secara umum golongn darah manusia dikelompokkan menjadi 4 Golongan yaitu: A, B, AB, dan O dan dibedakan lagi dengan rhesus positip (+) dan negatif (-). Darah yang sudah kita donorkan nantinya akan di kelompokkan berdasarkan kelompoknya dan dikarantina diruangan khusus, agar darah terjamin dalam keadaan baik.

Banyak mitos yng mengatakan bahwa ketika kita pertamakali mendonorkan darah, kita akan merasakan sakit dan rentan terhadap penyakit itu tidak lah benar. Bahkan seseorang yang mendonorkan darah itu akan merasakan badan yang segar dan sehat.

No comments:

Post a Comment