Friday, September 2, 2016

BAHAYA VIRUS ZIKA

Sejak dari 1953 Singapura, malysia dan borneo adalah salah satu negara yang sudah terjangkit Virus Zika.  Tidak hanya di Singapura saja ternyata berdasarkan informasi dari para ahli Virus Zika ini sudah masuk ke indonesia sejak tahun 50 an. Mulai dari tahun 1977 virus ini pertama kali ditemukan di klaten, 2013 turis asal Australia yang baru pulang dari jakarta juga terinfeksi Virus Zika dan 2015 tahun lalu di virus ini ditemukan di Jambi.

Pada tahun 1947 virus ini pertama kali ditemukan pada seekor monyet Resus dihutan Zika uganda. Dan pada tahun 1948 ditemukan kembali pada eekor nyamuk Spesies Aedes Africanus dihutan Zika Uganda. Dan pada tahun 1954 virus ini memulai penyebaran kemanusia di nigeria. Di tahun 2007 virus ini mulai menjadi penyakit Edemis dan tersebar keluar Afrika dan Asia. Virus ini menjadi dramatis setelah menyebabkan Mikrosepalis yang berada di Amerika latin.

Dampak dari virus ini salah satunya adalah mengecilnya kepala pada janin pada wanita yang sedang hamil dan mengalami Sindrome Guillane Bare.  Ada fakta tentang Virus Zika ini antara lain;
1. Virus jenis Flavivirus yang memiliki kesamaan dengan virus Dengue
2. Ditularkan melalui gigitan nyamuk AEDES.
3. Gejala diantaranya Demam, kulit bintik merah, sakit kepala, mata merah, nyerih sendi, nyeri otot, dan lemas selama 2-7 hari.
4. Belum ada vaksin, untuk pengobatan berfokus pada gejala.

                                                                                                                                                                     

No comments:

Post a Comment